Jumat, 05 Mei 2017

RENCANA TINDAK LANJUT (RTL) KML

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Gerakan Pramuka adalah pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta membangun sebagai penerus generasi selanjutnya. Untuk hal tersebut perlu memberikan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan bagi para anggota Pramuka dalam upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila. Sehingga tercapai tujuan yang diinginkan yang antara lain menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman melalui berbagai kegiatan.
Pendidikan dan Latihan untuk Anggota Dewasa merupakan bagian dari proses pembinaan anggota dewasa yang yang secara garis besar terdiri atas kursus, pertemuan dan kegiatan. Kursus dasar yang harus diikuti Pembina pramuka adalah Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML).
KMD adalah jenjang pertama Kursus Pembina Mahir. Peserta KMD adalah anggota dewasa yang akan membina anggota muda di gugus depan. Setelah lulus KMD, seorang Pembina diharuskan mempraktikkan dan mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya, guna mendapatkan pengalaman membina di gugus depan dalam program pemantapan dasar. Mereka yang telah menyelesaikan pemantapan dasar dapat mengikuti kursus tahap berikutnya, yaitu KML.
KML adalah jenjang kursus kedua Kursus Pembina yang dititikberatkan pada praktek membina satuan. Peserta KML adalah lulusan KMD yang telah melaksanakan program pemantapan dasar. Kursus Pembina Pramuka Mahir (Dasar dan Lanjutan) merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan, karena saling melengkapi.
Setelah mengikuti KML, seorang Pembina harus melakukan Pemantapan lanjutan untuk seorang Pembina Mahir, dan menuangkan rencana tersebut dalam sebuah action plan atau Rencana Tindak Lanjut (RTL). Rencana ini berupa perencanaan kegiatan perorangan dan merupakan tali pengikat peserta KML atas komitmen dan pengabdiannya terhadap masyarakat melalui Gerakan Pramuka.
Rencana kerja pembinaan dan pengembangan pramuka penggalang pangkalan SMPN 1 Panumbangan, perlu dijabarkan lagi secara rinci dimana rencana tindak lanjut ini merupakan pentahapan aktivitas bagi kesinambungan proses pelaksanaan kegiatan dalam pembinaan dan perkembangan Pramuka Penggalang SMP Negeri 1 Panumbangan.
Rencana tindak lanjut ini  akan tetap melanjutkan fungsi kerja gugus depan sebelumnya untuk mengkomodir serta mengupayakan peningkatan kuantitas dengan tidak meninggalkan usaha-usaha peningkatan kualitas pembinaan SDM, leadership, dan skill para anggota pramuka penggalang di gugus depan.
Evaluasi juga merupakan bagian integral dari setiap kebijakan program yang tak terpisahkan agar nantinya dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang keunggulan, kelemahan, peluang dan hambatan terhadap kebijakan yang telah dibuat sehingga dapat diketahui keberhasilan dan usaha yang telah dilakukan.
B.     Dasar Hukum
1.      Kepres RI No. 104 tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
2.      Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 tahun 2005 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
3.      Keputusan Ketua Kwartir Nasional gerakan Pramuka No. 090 Tahun 2001 Tentang Panduan Khusus Pembina Pramuka Mahir
4.      Program Kerja Kwartir Cabang Ciamis Tahun 2013
5.      Program Kerja Kwartir Ranting Panumbangan tahun 2013.
6.       Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan tanggal 20 s.d. 26 Desember 2012 di Kwarcab Ciamis
C.    Tujuan
Rencana Tindak Lanjut ini disusun sebagai pedoman kegiatan Kepramukaan yang dilaksanakan di Gugus Depan 04083 – 04084 dan sebagai tindak lanjut keikutsertaan dalam kursus pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan. Setelah mengikuti KML, diharapkan segala dedikasi, motivasi, kegiatan, dan komitmen dapat dipertahankan dan ditingkatkan. dituangkan dalam RTL sebagai berikut:
1.      Pengikat peserta KML atas komitmen dan pengabdiannya terhadap masyarakat melalui Gerakan Pramuka;
2.      Memberi bekal pengetahuan dasar dan pengakaman praktis membina pramuka melalui kepramukaan dalam satuan pramuka.
3.      Mengendalikan diri dengan melaksanakan program yang telah disusun unruk menetapkan Program kerja yangg akan dilaksanakan di Gusus Depan;
4.      Untuk melihat hasil sejauh mana pembina mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dalam kegiatan KML yang diterapkan kepada anak didik di Gugus Depannya masing-masing;
5.      Meningkatkan kepercayaan diri.
D.    Sasaran
1.      Sasaran Pokok
a.       Sasaran Pembinaan Pramuka Penggalang adalah:
1.      Mengupayakan Gerak Pembimbingan dan Pembinaan Pramuka Penggalang yang dititik beratkan pada peningkatan pelatihan-pelatihan guna menyiapkan Pramuka Penggalang menjadi mendiri
2.      Mengupayakan fungsi wadah-wadah pembinaan Pramuka Penggalang supaya terpadu dan terarah sehingga memantapkan organisasi dan manajemen yang tanggap, efektif dan efisien.
3.      Meningkatkan kedisiplinan, kesadaran dan menyerap nilai-nilai Dasa Dharma dan Tri Satya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Upaya mengadakan fasilitas penggunaan dan pengembangaan Pramuka Penggalang dalam rangka menunjang gerak langkah visi awal dengan langkah kemandirian Gerakan Pramuka.
5.      Meningkatka rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk bekerja sama dalam melaksanakan seluruh kegiatan Pramuka.
2.      Sasaran Bidang
a.       Pelaksanaan Tugas
1.      Mengatur, mengendalikan dan memonitor tugas sehari-hari anggota Dewan Kerja Penggalang.
2.      Mengatur dan mengendalikan mekanisme yang berkaitan dengan penugasan seluruh anggota Dewan Kerja Penggalang dan ruang lingkup tugasnya.
3.      Menyempurnakan sistem dan mekanisme kerja Dewan Penggalang.
4.      Melakukan fungsi pembinaan terhadap anggota Dewan Kerja Penggalang baik secara internal maupun eksternal.
5.      Melakukan upaya persiapan kaderisasi pengurus Dewan Kerja Penggalang.
b.      Finansial
1.      Mengendalikan dan memonitor mekanisme keuangan pada setiap aktivitas Dewan Kerja Penggalang.
2.      Menyelenggarakan dana rutin Mabigus untuk aktivitas Dewan Kerja Penggalang yang bersumber pada dana Bantuan Operasional Sekolah.
3.      Mengatur, mengendalikan dengan mengevaluasi pelaporan keuangan Dewan Kerja Penggalang.
c.       Bidang Kajian Kepramukaan
1.      Melanjutkan upaya penyempurnaan petunjuk penyelenggaraan pendidikan dan latihan bagi anggota Pramuka Penggalang khususnya dalam perencanaan penyajian kegiatan kepramukaan yang menarik dan menantang.
2.      Melakukan pendataan masukan anggota Dewan Penggalang tentang pelaksanaan program kegiatan.
3.      Bekerja sama dengan seluruh anggota Dewan Kerja untuk mencari solusi pemecahan dalam penyempurnaan perubahan petunjuk penyelenggara Dewan Kerja yang baru.
d.      Bidang Kegiatan Kepramukaan
1.      Publikasi dan informasi kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang.
2.      Minimal satu tahun sekali merealisasikan satu konsep kegiatan yang bersifat positif, kreatif dan inofatif, sebegai pengabdian kepada Gerakan Pramuka dan masyarakat.
3.      Mengusahakan meningkatkan kualitas dan kuantitas perkembangan Pramuka Penggalang yang terlibat dalam upaya pembangunan masyarakat.
4.      Terciptanya konsep kegiatan yang bervariasi yang mampu menarik minat remaja/pemuda usia penggalang.
5.      Berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan oleh pangkalan lain dalam bentuk lomba dan ekshibisi.
a.       Wide games di Pangkalan SMAN 2 Tasikmlaya
b.      Chiradyka di Pangkalan SMAN 1 Ciamis
c.       Latgab di Pangkalan SMA Serba Bhakti Suryalaya Tasikmalaya
d.      Bina Sakti Hiking di SMK BPN Tasikmalaya
e.       Lomba Lintas Medan di SMA Negeri 2 Ciamis
f.       Kegiatan lomba yang lain

e.       Bidang Evaluasi dan Pengembangan
1.      Tersusunnya petunjuk pelaksanaan kegiatan bagi Dewan Penggalang.
2.      Tersusunya perangkat supervisi, monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan Dewan Kerja.
3.      Terlaksananya perangkat pengembangan tentang Pramuka Pengalang.
4.      Terhimpunnya data yang akurat tentang kuantitas dan kualitas anggota Pramuka Penggalang guna kebutuhan perumusan kebijakan lebih lanjut.
E.     Ruang Lingkup
RTL ini mencakup kegiatan-kegiatan dalam pembinaan anggota Pramuka di Gugus Depan sebagai berikut:
1) Penyusunan Administrasi di Gugus Depan 04083 – 04084
2) Pengorganisasian: struktur Gudep 04083 – 04084 dan dewan penggalang
3) Penyusunan program kegiatan: jenis dan sasaran kegiatan
4) Pelantikan, serta
5) Kegiatan perkemahan





















BAB II
RENCANA TINDAK LANJUT
A.    Identifikasi Gugus Depan
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Panumbangan adalah Suatu lembaga pendidikan menengah yang terletak di Desa Panumbangan, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis. Berikut sekilas data tentang Gugus Depan 00083 dan 04084 di Pangkalan SMPN 1 Panumbangan :
Nama Pangkalan           :    Pangkalan SMP N 1 Panumbangan
Tahun Berdiri                :    1961
Nomor Gudep PA         :    04083
Nomor Gudep PI          :    04084
Kwartir Ranting            :    Panumbangan
Kwartir Cabang            :    Ciamis
Alamat Lengkap           :   Jl. Raya Panumbangan No. 163 Pos Kode 46263

B.     Struktur Organisasi Gugus Depan
Struktur Organisasi Gerakan Pramuka Pangkalan SMP Negeri 1 Panumbangan Gudep 04083 – 04084 adalah :
Mabigus                            :    Drs. Sumardi, M.Pd. (Kepala Sekolah)
Pembina Gudep                :    Agus Hikmat, S.Pd.
Pembina Putra                  :    Agus Hikmat, S.Pd.
Pembantu Pembina Pa      :    Ocid, S.Pd., MM.
Pembina Putri                   :    Teti Suwiarsih, S.Pd.
Pembantu Pembina Pi      :    Dra. Mimin Julianty
 Dewan Penggalang          :           Pendamping Kelas IX dan kelas VIII yang telah mengikuti Ujian SKU Penggalang Terap
Susunan Pengurus Dewan Penggalang Putra
Pratama Pa                       :    Pratomo
Krani                                :    Dian Hardiansyah
Juru Uang                         :    Muhammad Zayini Anwar
Susunan Pengurus Dewan Penggalang Putri
Pratama Pi                        :    Jenisa Asri Permana
Krani                                :    Rani Dwi Astuti
Juru Uang                         :    Sanny Wiheryani
C.    Data Potensi Gugus Depan
1.      Peserta Didik (Pramuka Muda)
No
Golongan
Tingkatan SKU
Tingkatan TKK
Anggota
PA
PI
Jml.
Anggota
PA
PI
Jml.
1
PENGGALANG
Calon
-
-
-
Purwa
-
-
-
Ramu
-
-
-
Purwa
-
-
-
Rakit
153
171
324
Purwa
-
-
-
Terap
12
33
45
-
-
-
-
Garuda
-
-
-
-
-
-
-
Jumlah
165
204
369
-
-
-
-




2.      Pramuka Dewasa
No
Nama
Jabatan
Lulusan Kursus
Ket.
Orientasi
KMD
KML
KPD
KPL
Profesional
1
Drs. Sumardi, M.Pd.
Mabigus
-
-
-
-
-
-
2
Agus Hikmat, S.Pd.
Pembina Gudep
-
-
-
-
-
-
3
Ocid, S.Pd.MM
Pembina Putra
-
-
-
-
-
-
4
YB Permana, M.Pd.
Pembantu Pembina
-
-
-
-
-
-
5
Teti S, S.Pd.
Pembina Putri
-
-
-
-
-
-
6
Dra. Mimin J
Pembantu Pembina
-
-
-
-
-
-

D.    Rencana Tindak Lanjut
1.      Kegiatan Rutin
a.       Rapat Pleno Dewan Kerja Penggalang
*Maksud  : Evalusasi program kerja dan pelaksanaan tugas Dewan Penggalang dalam satu semester dan menentukan kebijakan pengelolaan dan pelaksanaan program/tugas untuk semester berikutnya.
*Waktu    : Enam bulan sekali
*Tempat   : SMP Negeri 1 Panumbangan
b.      Rapat Bidang Dewan Penggalang
*Maksud : Membicarakan pelaksanaan program kerja, persiapan dan penyusunan konsepsi kegiatan bidang yang bersangkutan
*Waktu    : Sesuai kebutuhan
* Tempat   : Disesuaikan

c.       Materi Kepramukaan
*Maksud : Memberikan ilmu serta wawasan mengenai Pramuka, sumber pengetahuan yaitu baik dari buku-buku Pramuka maupun pengalaman Dewan Kerja Penggalang
*Waktu    : Setiap Hari Jumat
*Tempat   : SMP Negeri 1 Panumbangan
d.      Ujian SKU Penggalang Ramu ke Penggalan Rakit
*Maksud :Memberikan ujian atau uji coba kepada anggota Penggalang terhadap syarat-syarat yang tercantum di SKU yang harus dilaksanakan yaitu sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti Pelantikan Penggalang Ramu ke Penggalang Rakit yang dilaksanakan dalam 2 gelombang.
*Waktu    : Bulan Mei 2013 (Gelombang 1)
       Bulan Juni 2013 (Gelombang 2)
*Tempat   : SMP Negeri 1 Panumbangan
e.       Ujian SKU Penggalang Rakit ke Penggalang Terap
*Maksud : Memberikan ujian atau uji coba kepada anggota Penggalang terhadap syarat-syarat yang tercantum di SKU yang harus dilaksanakan yaitu sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti Pelantikan Penggalang Rakit ke Penggalang Terap sebagai prasarat menjadi pendamping dalam Dewan Penggalang
*Waktu    : Bulan Januari 2013
*Tempat   : SMP Negeri 1 Panumbangan
2.      Paket Kegiatan
a.       Perkemahan Akhir Tahun (PRATA)
*Maksud :
·         Sebagai perkemahan persahabatan yang diharapkan mampu mempererat hubungan kekeluargaan antar sesama anggota Pramuka
·         Sebagai kemah perpisahan untuk Dewan Kerja Penggalang yang telah habis masa jabatanya selama 1 tahun
*Waktu    : Disesuaikan
*Tempat   : Disesuaikan
b.      Kegiatan Partisipasi
1.      Kegiatan Sosial
*Maksud : Memberikan kepadulian kepada orang lain dengan mengadakan Bakti Sosial untuk disumbangkan ke kepada orang yang ekonominya kurang mampu
*Waktu    : Disesuaikan
*Tempat   : Disesuaikan
*Tempat   : SMP Negeri 1 Panumbangan
*Peserta     : Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis.
2.      Kegiatan Regional
*Maksud   : Melaksanakan garis hubungan bimbingan dan konsultasi
*Waktu     : Disesuaikan
*Tempat    : Disesuaikan

3.      Program Rencana Tindak Lanjut
No
Kegiatan
Bulan
Ket
Jan
Peb
Mar
Apr
Mei
Jun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
Pelantikan Penggalang Terap
-
-
-
-
-
2
Latihan mencapai SKU Penggalang Rakit
a.   Pengujian Dasa Dharma
-
-
-
-
b.   Pengujian Tri Satya
-
-
-
-
c.   Latihan Upacara-upacara dalam pramuka
-
-
-
-
-
d.   Mengenal bentuk barisan
-
-
-
-
e.   Mengenal lambang Gerakan Pramuka
-
-
-
-
f.     Mengenal Salam Pramuka
-
-
-
-
-
g.   Mengenal Struktur gugus Depan dan Tanda Pengenal
-
-
-
-
-
h.   Pakaian Seragam Pramuka dan tanda-tanda Pengenal
-
-
-
-
-
i.     Mengenal lambang Negara RI
-
-
-
-
-
j.      Mengenal Pancasila
-
-
-
-
-
k.   Mengenal Lagu Kebangsaan, Lagu-lagu Wajib dan lagu Daerah
-
-
-
-
-
l.      Mengenal sejarah bendera Kebangsaan dan Bahasa Nasional
-
-
-
-
-
m. Mengenal 8 Arah Mata Angin
-
-
-
-
-
n.   Mengenal Peraturan baris Berbaris
-
-
-
o.   Mengenal Ikatan dan Tali Temali
-
-
-
-
p.   Menyampaikan Berita Secara Lisan
-
-
-
-
q.   Mengenal Sandi (Morse, Semaphore dan Sandi Kotak)
-
-
-
-
r.     Syahadat, Rukun Islam, Rukun Iman dan Sejarah Nabi Muhammad SAW.
-
-
-
-
-
s.   Mengenal makanan Khas Daerah dan mengatur meja makan
-
-
-
-
-
3
Ujian SKU Penggalang Rakit
-
-
-
-
-
4
Pelantikan Penggalang Rakit
-
-
-
-
-


4.      Evaluasi Kegiatan yang Terlaksana
No
Kegiatan
Keterangan
Terlaksana
Tidak Terlaksana
1
2
3
4
1
Pelantikan Penggalang Terap
2
Latihan mencapai SKU Penggalang Rakit
a.   Pengujian Dasa Dharma
b.   Pengujian Tri Satya
c.   Latihan Upacara-upacara dalam pramuka
d.   Mengenal bentuk barisan
e.   Mengenal lambang Gerakan Pramuka
f.     Mengenal Salam Pramuka
g.   Mengenal Struktur gugus Depan dan Tanda Pengenal
h.   Pakaian Seragam Pramuka dan tanda-tanda Pengenal
i.     Mengenal Lambang Negara RI
j.      Mengenal Pancasila
k.   Mengenal Lagu Kebangsaan, Lagu-lagu Wajib dan lagu Daerah
l.      Mengenal sejarah bendera Kebangsaan dan Bahasa Nasional
m. Mengenal 8 Arah Mata Angin
n.   Mengenal Peraturan baris Berbaris
o.   Mengenal Ikatan dan Tali Temali
p.   Menyampaikan Berita Secara Lisan
q.   Mengenal Sandi (Morse, Semaphore dan Sandi Kotak)
r.     Syahadat, Rukun Islam, Rukun Iman dan Sejarah Nabi Muhammad SAW.
s.   Mengenal makanan Khas Daerah dan mengatur meja makan
3
Ujian SKU Penggalang Rakit
4
Pelantikan Penggalang Rakit

BAB III
LAPORAN PEMANTAPAN KML
A.    Administrasi Gugus Depan
Apabila melihat definisi administrasi secara formal dan legitimas, administrasi diartikan sebagai usaha atau kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi. Beberapa unsur pokok di dalam administrasi yang dimaksud ialah : (1) sekelompok orang, (2) tujuan, (3) tugas dan fungsi, (4) peralatan dan perlengkapan yang diperlukan. Akan tetapi di dalam RTL ini, hal yang terkait Administrasi hanya mengambil unsur keempat, yaitu peralatan dan perlengkapan.
Administrasi dalam buku ini didefinisikan sebagai perlengkapan ketatausahaan yang mendukung tertibnya manajemen gugus depan.
Administrasi yang dipersiapkan adalah:

1.      Program Kerja Tahunan

Merupakan rencana kegiatan yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan selama satu tahun. Prota ini dijabarkan menjadi 3 tahapan yang masing-masing belaku selama 4 bulan (caturwulan) Pelaksanaannya dapat dilakukan menurut skala prioritas, mana yang perlu didahulukan sesuai dengan kondisi tadik dan lingkungannya.
NO
Kegiatan
Bulan
Ket
1
2
3
4








2.      Program Kegiatan Mingguan

Memuat runtutan kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu latihan rutin.
PROGRAM KEGIATAN MINGGUAN
hari, tanggal :                            
tempat          :                            
NO
Kegiatan
Acara Pengganti
Keterangan




3.      Buku Induk Anggota

Buku induk anggota sebagai penertiban data, memuat data diri anggota serta tingkat kecakapan anggota. Format seperti di bawah ini:
NO
NTA
NAMA ANGGOTA
AGAMA
TEMPAT, TGL LAHIR
ALAMAT
NAMA ORANG TUA








PEKERJAAN
Dilantik Tanggal
Mendapat TKK tanggal
Ramu
Rakit
Terap
1
2
3
4
5









 

4.      Buku presensi (kehadiran)

Buku ini dipakai ketika latihan rutin, untuk mengecek kehadiran anggota di tiap regu.
Buku Kehadiran
Regu                :                                              
Hari, tanggal   :                                              
NO
Nama
Jabatan dalam regu
Hadir
S
I
A
Paraf








5.      Buku Iuran dan buku tabungan

Buku ini dapat disatukan dengan buku presensi.
Buku Kehadiran
Regu                :                                              
Hari, tanggal   :                                              
NO
Nama
Jabatan
Hadir
S
I
A
Iuran
Tabung-an
Paraf










 

6.      Buku Agenda Latihan

Buku Agenda memuat kegiatan yang dilaksanakan ketika latihan.
NO
Kegiatan
Waktu
Tempat
Peserta
Biaya
Ket







 

7.      Buku Catatan Rapat (Notula)

Untuk mencatat hal-hal penting ketika pertemuan, rapat, atau pengarahan dari pembina.
hari/ tanggal          :                                        
waktu                    :                                        
tempat                   :                                        
acara                      :                                        
NO
Permasalahan
Pemecahan
Keterangan





8.      Buku Inventaris

Untuk mencatat perbendaharaan benda dan peralatan Gudep.
NO
Barang
Klasifikasi
Jumlah
Keadaan (B/RR/RB)
Sumber
Ket







 

9.      Buku Log

Buku ini mencatat peristiwa atau kegiatan penting yang terjadi di gugus depan.
NO
Tanggal
Catatan
Keterangan




 

10.  Buku Catatan Pribadi

Merupakan catatan rahasia tentang tadik yang dipegang oleh pembina.
NO
nama tadik yang teramati
Catatan
Keterangan




 

11.  Buku Upacara Pelantikan

Untuk mencatat kegiatan pelantikan.
NO
Hari, tanggal, waktu
tempat
nama terlantik
pelantikan tingkat
pembina pelantik
Ket







12.  Buku Tamu

Buku ini mencatat tamu yang berkunjung ke Gugus Depan, berisikan maksud dan tujuan serta saran-saran dari tamu.
NO
Hari, tanggal, waktu
nama/ alamat
jabatan
maksud
kesan dan pesan
Ttd








13.  Buku ekspedisi

Buku untuk mencatat keluar masuk surat
NO
No. Surat
Tanggal Surat
Perihal
Tujuan
paraf
ket







Dengan penertiban administrasi, diharapkan akan menunjang kelancaran dan keberhasilan kegiatan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

B.     Kegiatan Kepramukaan

Kegiatan dalam kepramukaan diselenggarakan dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan mengandung pendidikan.  Dilaksanakan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang pada akhirnya akan membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti yang luhur.
Kegiatan-kegiatan tersebut adalah kegiatan yang merangsang peserta didik untuk lebih tahu, meningkatkan ketangkasan, dan membentuk akhlak dan moral yang baik sesuai dengan kode kehormatan gerakan pramuka.

1.      Upacara

Upacara adalah serangkaian perbuatan yang ditata dalam suatu ketentuan peraturan yang wajib dilaksanakan dengan khidmat, sehingga merupakan kegiatan yang teratur dan tertib, untuk membentuk suatu tradisi dan budi pekerti yang baik. Macam-macam upacara yang dilaksanakan yaitu :
·         Upacara pembukaan dan penutupan latihan
·         Upacara pelantikan
·         Upacara kenaikan tingkat
·         Upacara pemberian TKK
·         Upacara pindah golongan
Unsur-unsur yang menjadi prinsip dalam pelaksanaan upacara adalah
(1).    Bentuk barisan, sesuai dengan perkembangan peserta didik. Dalam hal ini Pramuka Penggalang  menggunakan bentuk barisan angkare atau berbentuk seperti ladam.

Bentuk barisan setengah terbuka seperti ini mempunyai makna, bahwa dalam pelaksanaan pembinaan anggota Pramuka penggalang tidak sepenuhnya dilepas, tetapi masih dalam pengawasan pembina.
(2) Pengibaran Bendera
(3) Pembacaan Pancasila
(4) Pembacaan Kode Kehormatan
(5) Adanya Doa
(6) Dilaksanakan dengan khidmat dan sungguh-sungguh
Jalannya upacara (dalam buku ini penulis hanya menjelaskan upacara pembukaan latihan saja) pembukaan latihan sebagai berikut :
·         Pratama memeriksa kerapian peserta upacara, dalam bentuk barisan bershaf.
·         regu petugas upacara mempersiapkan perlengkapan upacara
·         Pratama memberikan aba-aba berkumpul untuk membentuk barisan angkare di hadapan tiang bendera.
·         Pratama mengecek kesiapan para petugas upacara, lalu menjemput pembina.
·         Pembina mengambil tempat di hadapan pasukan, para pembantu pembina berada di belakang pembina dalam bentuk bershaf.
·         Setelah memimpin penghormatan, Pratama menyerahkan pasukan kepada pembina upacara, kemudian kembali ke tempatnya semula.
·         Pengibaran bendera merah puith oleh petugas, seluruh peserta upacara melakukan penghormatan.
·         Pembina membacakan Pancasila ditirukan oleh anggota pasukan
·         Pembacaan dasa dharma oleh salah satu  anggota pasukan.
·         Kata pengantar pembina tentang tema latihan dan sebagainya.
·         Pembina memimpin doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
·         Pasukan diserahkan kepada Pratama untuk dilanjutkan  ke acara selanjutnya.
·         Pratama memimpin penghormatan kepada pembina.
·         Pembina mengucapkan terima kasih kepada para pembantunya
·         Pratama membubarkan pasukan, dan siap mengikuti kegiatan latihan.

2.      Materi Teknik Kepramukaan

Teknik Kepramukaan, yang selanjutnya disebut tekpram,  menjadi ciri khas gerakan pramuka. Hal ini tidak dapat kita temui pada organisasi-organisasi yang lainnya. Materi tekpram yang akan diberikan kepada peserta didik diantaranya :
1.
Baris-berbaris
:
merupakan bentuk latihan gerak dasar yang diwujudkan dalam rangka menanamkan sikap disiplin, tanggung jawab, kekompak-an, kebersamaan
2.
Semaphore
:
cara mengirim berita dengan menggunakan isyarat sepasang bendera. menanamkan kebersamaan, ketangkasan, dan melatih daya ingat
3.
Morse
:
sebuah sistem pengkodean huruf yang ditemukan Samuel Finley Morse. terdiri dari kombinasi titik (dots) dan strip (dashes)
4.
Tali temali
:
gerakan Pramuka sedunia menyebutnya Knotting, kita menyebutnya simpul, yang berarti seni menggunakan tali atau bahan elastis lainnya. Dipergunakan oleh para pelaut dan para perambah (pioneer) untuk mempermudah pekerjaannya.
5.
Sandi Pramuka
:
berasal dari bahasa Sanksekerta yang berarti rahasia. Merupakan tulisan rahasia yang hanya dimengerti oleh anggota Pramuka saja.
6.
Kompas
:
alat untuk menentukan arah mata angin, digunakan oleh pelaut, penerbang, pem-buru untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lainnya
7.
Mapping
:
disebut juga cartography yaitu cara pem-buatan peta. melatih kejelian, cinta lingkungan, dan kebersamaan
8.
PPPK dan Kesehatan
:
Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, menanamkan sikap rela berkorban, cinta sesama, dan peduli kesehatan lingkungan




3.      Penjelajahan

Penjelajahan/ lintas alam, bagi peserta didik merupakan kegiatan di alam terbuka yang menarik, menantang yang dapat mengembangkan kecintaan kepada alam dan menambah wawasan tentang lingkungan. Bagi Pembina Pramuka, penjelajahan dapat difungsikan sebagai media pendidikan untuk mengembangkan kepribadian serta watak peserta didik.
Kegiatan penjelajahan dapat diramu dengan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dan terintegrasi dengan kegiatan pokok. Antara lain:
·         Membaca peta medan (topografi)
·         Menggunakan kompas
·         tanda jejak
·         memecahkan sandi dan isyarat
·         menduga
·         Praktek membalut (P3K)
·         halang rintang
·         dll
Kegiatan penjelajahan yang disusun dan direncanakan dengan baik akan menanamkan dan mengembangkan sikap: Kepemimpinan, demokratis, kekompakan, kemandirian, self confidence, ketangkasan, administrasi, pengetahuan dan pengalaman. Oleh karena itu kegiatan in dilaksanakan secara berkala dalam gugus depan atau pun bersama dengan gugus depan lain.

4.      Kegiatan Bakti Masyarakat

Salah satu janji pramuka dalam Trisatya berbunyi ”menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat” sehingga kegiatan bakti masyarakat merupakan kegiatan kepramukaan yang menjadi media penanaman dan pengamalan kode kehormatan. Istilah Bakti Masyarakat itu sendiri mengandung arti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kepentingan masyarakat.
Kegiatan ini disusun bersama antara pembina dan peserta didik, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·         Mengadakan observasi lokasi yang akan dijadikan objek bakti masyarakat.  Hal in berguna untuk menemukan kondisi, kebutuhan, potensi, budaya masyarakat serta unsur penunjang bahkan kendala di lapangan.
·         Menyusun panitia pelaksana kegiatan.
·         Pendekatan dengan Kepala Desa atau tokoh masyarakat setempat.
·         Menggali sumber dana yang mungkin dapat mendukung program bakti masyarakat.
Kegiatan bakti masyarakat dilaksanakan secara serentak oleh seluruh anggota, tidak dalam acara perkemahan, tetapi dalam kegiatan latihan rutin. kegiatan yang dilaksanakan diantaranya : kebersihan lingkungan, kebersihan tempat ibadah, kebersihan sekolah, penghijauan dsb.

C.    Pelantikan

Upacara pelantikan merupakan serangkaian upacara dalam rangka pemberian pengakuan dan pengesahan terhadap seorang pramuka atas prestasi yang telah dicapainya.
Setelah peserta didik mengalami pelantikan, maka ia sejak saat itu menjadi seorang penggalang, anggota gerakan pramuka sedunia. Makna yang terkandung bagi peserta didik adalah memiliki tanggungjawab, hak dan kewajiban sebagai anggota pramuka. Selain itu akan meningkatkan kepercayaan dirinya karena ia telah diakui mempunyai kemampuan dan berhasil dalam usahanya.
Setelah kegiatan penataan administrasi gudep dan pelaksanaan kegiatan kepramukaan -yang telah dikemukakan di atas- diharapkan dalam rentang waktu tiga bulan semenjak Kursus Pembina Mahir Lanjutan akan menghasilkan 10 anggota pramuka tingkat Ramu atau satu regu pramuka.

D.    Perkemahan

Berkemah merupakan kegiatan di alam terbuka yang penuh dengan muatan pendidikan, yang akan mengembangkan proses pendidikan mental, moral, fisik, intelektual, emosi dan sosial.
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada akhir Rencana Tindak Lanjut ini. Yaitu pada bulan Agustus 2013, bertepatan dengan peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-52. Perkemahan bertujuan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan kode kehormatan dalam kehidupan peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan jiwa mereka.








BAB IV
PENUTUP
Sebagai wadah Pendidikan non-formal yang dimasukan ke dalam lembaga Pendidikan formal, Gerakan Pramuka dimaksudkan supaya dapat membentuk suatu generasi yang memiliki iman yang kuat, pengetahuan luas, berjiwa patriot dan rela mengabdikan diri pada Agama dan Bangsa.
Rencana Tindak Lanjut ini disusun setelah penulis mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML). RTL merupakan persyaratan kursus untuk memperoleh pengesahan sebagai pembina pramuka mahir Dasar. Produk ini berupa perencanaan pribadi dalam pembinaan terhadap peserta didik maupun pengabdian bagii masyarakat, terutama bagi kemajuan Gerakan Pramuka.
Sekecil apapun manfaat yang dapat dipetik dari tulisan ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan bagi peningkatan mutu generasi muda bangsa. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi setiap gerak dan langkah kita. Amin.








DOKUMENTASI KEGIATAN




BIOGRAFI
Penulis bernama Agus Hikmat, S.Pd dilahirkan di Ciamis tanggal 17 Agustus 1972. Bekerja sebagai tenaga pengajar pada SMPN 1 Panumbangan Kecamatan Panumbangan sejak tahun 2006 s.d. sekarang.
Penulis merupakan lulusan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar tahun 1991 yang diselenggarakan di SPG Negeri Tasikmalaya. mengikuti jenjang selanjutnya yaitu Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan yang diselenggarakan oleh Lemdicab bertempat di Desa Cieurih Kec. Cipaku Kabupaten Ciamis tahun 2013.

Aktivitas penulis pada Gerakan Pramuka adalah sebagai Pembina Pramuka Gudep 04083-04084, Selain itu penulis juga aktif membina peserta didik di Gugus Depan 04083-04084 Pangkalan SMPN 1 Panumbangan dan aktif sebagai pengurus Kwaran Panumbangan sebagai sekretaris masa bhakti tahun 2010 - 2013.

5 komentar: