BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Gerakan Pramuka adalah pendidikan kepramukaan bagi kaum muda
guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, sanggup
bertanggung jawab dan mampu membina serta membangun sebagai penerus generasi
selanjutnya. Untuk hal tersebut perlu memberikan pembekalan
pengetahuan dan ketrampilan bagi para anggota Pramuka dalam upaya pembentukan
watak dan mental menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila.
Sehingga tercapai tujuan yang diinginkan yang antara lain menanamkan dan
menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik,
pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman melalui berbagai kegiatan.
Pendidikan
dan Latihan untuk Anggota Dewasa merupakan bagian dari proses pembinaan anggota
dewasa yang yang secara garis besar terdiri atas kursus, pertemuan dan
kegiatan. Kursus dasar yang harus diikuti Pembina pramuka adalah Kursus Pembina
Pramuka Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML).
KMD
adalah jenjang pertama Kursus Pembina Mahir. Peserta KMD adalah anggota dewasa
yang akan membina anggota muda di gugus depan. Setelah lulus KMD, seorang
Pembina diharuskan mempraktikkan dan mengembangkan pengetahuan yang
diperolehnya, guna mendapatkan pengalaman membina di gugus depan dalam program
pemantapan dasar. Mereka yang telah menyelesaikan pemantapan dasar dapat
mengikuti kursus tahap berikutnya, yaitu KML.
KML
adalah jenjang kursus kedua Kursus Pembina yang dititikberatkan pada praktek
membina satuan. Peserta KML adalah lulusan KMD yang telah melaksanakan program
pemantapan dasar. Kursus Pembina Pramuka Mahir (Dasar dan Lanjutan) merupakan
satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan, karena saling melengkapi.
Setelah
mengikuti KML, seorang Pembina harus melakukan Pemantapan lanjutan untuk
seorang Pembina Mahir, dan menuangkan rencana tersebut dalam sebuah action
plan atau Rencana Tindak Lanjut (RTL). Rencana ini berupa perencanaan
kegiatan perorangan dan merupakan tali pengikat peserta KML atas komitmen dan
pengabdiannya terhadap masyarakat melalui Gerakan Pramuka.
Rencana
kerja pembinaan dan pengembangan pramuka penggalang pangkalan SMPN 1
Panumbangan, perlu dijabarkan lagi secara rinci dimana rencana tindak lanjut
ini merupakan pentahapan aktivitas bagi kesinambungan proses pelaksanaan
kegiatan dalam pembinaan dan perkembangan Pramuka Penggalang SMP Negeri 1 Panumbangan.
Rencana
tindak lanjut ini akan tetap melanjutkan
fungsi kerja gugus depan sebelumnya untuk mengkomodir serta mengupayakan
peningkatan kuantitas dengan tidak meninggalkan usaha-usaha peningkatan
kualitas pembinaan SDM, leadership, dan skill para anggota pramuka penggalang
di gugus depan.
Evaluasi
juga merupakan bagian integral dari setiap kebijakan program yang tak
terpisahkan agar nantinya dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang
keunggulan, kelemahan, peluang dan hambatan terhadap kebijakan yang telah
dibuat sehingga dapat diketahui keberhasilan dan usaha yang telah dilakukan.
B. Dasar Hukum
1.
Kepres RI No. 104 tahun 2004 tentang
Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
2.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan
Pramuka No. 086 tahun 2005 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
3.
Keputusan
Ketua Kwartir Nasional gerakan Pramuka No. 090 Tahun 2001 Tentang Panduan Khusus
Pembina Pramuka Mahir
4.
Program
Kerja Kwartir Cabang Ciamis Tahun 2013
5.
Program Kerja Kwartir Ranting Panumbangan
tahun 2013.
6.
Kursus Pembina
Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan tanggal 20 s.d. 26 Desember 2012 di Kwarcab
Ciamis
C.
Tujuan
Rencana Tindak Lanjut ini disusun sebagai pedoman kegiatan Kepramukaan
yang dilaksanakan di Gugus Depan 04083 – 04084 dan sebagai tindak lanjut
keikutsertaan dalam kursus pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan. Setelah mengikuti KML, diharapkan
segala dedikasi, motivasi, kegiatan, dan komitmen dapat dipertahankan dan
ditingkatkan. dituangkan dalam RTL sebagai berikut:
1. Pengikat
peserta KML atas komitmen dan pengabdiannya terhadap masyarakat melalui Gerakan
Pramuka;
2.
Memberi bekal pengetahuan dasar dan
pengakaman praktis membina pramuka melalui kepramukaan dalam satuan pramuka.
3.
Mengendalikan diri dengan melaksanakan
program yang telah disusun unruk menetapkan Program kerja yangg akan
dilaksanakan di Gusus Depan;
4.
Untuk melihat hasil sejauh mana pembina
mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dalam kegiatan KML yang diterapkan
kepada anak didik di Gugus Depannya masing-masing;
5.
Meningkatkan kepercayaan
diri.
D.
Sasaran
1.
Sasaran Pokok
a.
Sasaran Pembinaan Pramuka Penggalang
adalah:
1.
Mengupayakan Gerak Pembimbingan dan Pembinaan
Pramuka Penggalang yang dititik beratkan pada peningkatan pelatihan-pelatihan
guna menyiapkan Pramuka Penggalang menjadi mendiri
2.
Mengupayakan fungsi wadah-wadah
pembinaan Pramuka Penggalang supaya terpadu dan terarah sehingga memantapkan
organisasi dan manajemen yang tanggap, efektif dan efisien.
3.
Meningkatkan kedisiplinan, kesadaran
dan menyerap nilai-nilai Dasa Dharma dan Tri Satya serta mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Upaya mengadakan fasilitas penggunaan
dan pengembangaan Pramuka Penggalang dalam rangka menunjang gerak langkah visi
awal dengan langkah kemandirian Gerakan Pramuka.
5.
Meningkatka rasa tanggung jawab dan
kebersamaan untuk bekerja sama dalam melaksanakan seluruh kegiatan Pramuka.
2.
Sasaran Bidang
a. Pelaksanaan Tugas
1.
Mengatur, mengendalikan dan memonitor
tugas sehari-hari anggota Dewan Kerja Penggalang.
2.
Mengatur dan mengendalikan mekanisme
yang berkaitan dengan penugasan seluruh anggota Dewan Kerja Penggalang dan
ruang lingkup tugasnya.
3.
Menyempurnakan sistem dan mekanisme
kerja Dewan Penggalang.
4.
Melakukan fungsi pembinaan terhadap
anggota Dewan Kerja Penggalang baik secara internal maupun eksternal.
5.
Melakukan upaya persiapan kaderisasi
pengurus Dewan Kerja Penggalang.
b. Finansial
1.
Mengendalikan dan memonitor mekanisme
keuangan pada setiap aktivitas Dewan Kerja Penggalang.
2.
Menyelenggarakan dana rutin Mabigus
untuk aktivitas Dewan Kerja Penggalang yang bersumber pada dana Bantuan
Operasional Sekolah.
3.
Mengatur, mengendalikan dengan
mengevaluasi pelaporan keuangan Dewan Kerja Penggalang.
c. Bidang Kajian Kepramukaan
1. Melanjutkan upaya penyempurnaan
petunjuk penyelenggaraan pendidikan dan latihan bagi anggota Pramuka Penggalang
khususnya dalam perencanaan penyajian kegiatan kepramukaan yang menarik dan
menantang.
2.
Melakukan pendataan masukan anggota
Dewan Penggalang tentang pelaksanaan program kegiatan.
3.
Bekerja sama dengan seluruh anggota
Dewan Kerja untuk mencari solusi pemecahan dalam penyempurnaan perubahan
petunjuk penyelenggara Dewan Kerja yang baru.
d. Bidang Kegiatan Kepramukaan
1.
Publikasi dan informasi
kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang.
2.
Minimal satu tahun sekali
merealisasikan satu konsep kegiatan yang bersifat positif, kreatif dan
inofatif, sebegai pengabdian kepada Gerakan Pramuka dan masyarakat.
3.
Mengusahakan meningkatkan kualitas dan kuantitas
perkembangan Pramuka Penggalang yang terlibat dalam upaya pembangunan
masyarakat.
4.
Terciptanya konsep kegiatan yang
bervariasi yang mampu menarik minat remaja/pemuda usia penggalang.
5.
Berpartisipasi dan berperan aktif dalam
kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan oleh pangkalan lain dalam bentuk
lomba dan ekshibisi.
a.
Wide games di Pangkalan SMAN 2
Tasikmlaya
b. Chiradyka di Pangkalan SMAN 1 Ciamis
c.
Latgab di Pangkalan SMA Serba Bhakti
Suryalaya Tasikmalaya
d.
Bina Sakti Hiking di SMK BPN Tasikmalaya
e.
Lomba Lintas Medan di SMA Negeri 2
Ciamis
f. Kegiatan lomba yang lain
e. Bidang Evaluasi dan Pengembangan
1.
Tersusunnya petunjuk pelaksanaan
kegiatan bagi Dewan Penggalang.
2.
Tersusunya perangkat supervisi,
monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan Dewan Kerja.
3.
Terlaksananya perangkat pengembangan
tentang Pramuka Pengalang.
4.
Terhimpunnya data yang akurat tentang
kuantitas dan kualitas anggota Pramuka Penggalang guna kebutuhan perumusan
kebijakan lebih lanjut.
E.
Ruang Lingkup
RTL ini mencakup kegiatan-kegiatan dalam pembinaan
anggota Pramuka di Gugus Depan sebagai berikut:
1) Penyusunan
Administrasi di Gugus Depan 04083 – 04084
2)
Pengorganisasian: struktur Gudep 04083 – 04084 dan dewan penggalang
3) Penyusunan
program kegiatan: jenis dan sasaran kegiatan
4) Pelantikan,
serta
5) Kegiatan
perkemahan
BAB II
RENCANA TINDAK LANJUT
A.
Identifikasi
Gugus Depan
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Panumbangan adalah Suatu lembaga
pendidikan menengah yang terletak di Desa Panumbangan, Kecamatan Panumbangan,
Kabupaten Ciamis. Berikut
sekilas data tentang Gugus Depan 00083 dan 04084 di Pangkalan SMPN 1
Panumbangan :
Nama Pangkalan : Pangkalan
SMP N 1 Panumbangan
Tahun Berdiri : 1961
Nomor Gudep PA : 04083
Nomor Gudep PI : 04084
Kwartir Ranting : Panumbangan
Kwartir Cabang : Ciamis
Alamat Lengkap : Jl.
Raya Panumbangan No. 163 Pos Kode 46263
B.
Struktur
Organisasi Gugus Depan
Struktur Organisasi Gerakan Pramuka Pangkalan SMP Negeri
1 Panumbangan Gudep 04083 – 04084 adalah :
Mabigus
: Drs. Sumardi, M.Pd. (Kepala Sekolah)
Pembina
Gudep : Agus Hikmat, S.Pd.
Pembina
Putra : Agus Hikmat, S.Pd.
Pembantu
Pembina Pa : Ocid, S.Pd., MM.
Pembina
Putri : Teti Suwiarsih, S.Pd.
Pembantu
Pembina Pi : Dra. Mimin Julianty
Dewan Penggalang : Pendamping
Kelas IX dan kelas VIII yang telah mengikuti Ujian SKU Penggalang Terap
Susunan
Pengurus Dewan Penggalang Putra
Pratama
Pa : Pratomo
Krani : Dian Hardiansyah
Juru
Uang : Muhammad Zayini Anwar
Susunan
Pengurus Dewan Penggalang Putri
Pratama
Pi : Jenisa Asri Permana
Krani : Rani Dwi Astuti
Juru
Uang : Sanny Wiheryani
C.
Data Potensi Gugus Depan
1.
Peserta Didik (Pramuka Muda)
No
|
Golongan
|
Tingkatan SKU
|
Tingkatan TKK
|
||||||
Anggota
|
PA
|
PI
|
Jml.
|
Anggota
|
PA
|
PI
|
Jml.
|
||
1
|
PENGGALANG
|
Calon
|
-
|
-
|
-
|
Purwa
|
-
|
-
|
-
|
Ramu
|
-
|
-
|
-
|
Purwa
|
-
|
-
|
-
|
||
Rakit
|
153
|
171
|
324
|
Purwa
|
-
|
-
|
-
|
||
Terap
|
12
|
33
|
45
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Garuda
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Jumlah
|
165
|
204
|
369
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
Pramuka Dewasa
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Lulusan Kursus
|
Ket.
|
|||||
Orientasi
|
KMD
|
KML
|
KPD
|
KPL
|
Profesional
|
||||
1
|
Drs.
Sumardi, M.Pd.
|
Mabigus
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Agus
Hikmat, S.Pd.
|
Pembina
Gudep
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Ocid,
S.Pd.MM
|
Pembina
Putra
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
YB
Permana, M.Pd.
|
Pembantu
Pembina
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Teti S,
S.Pd.
|
Pembina
Putri
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Dra. Mimin J
|
Pembantu Pembina
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
D. Rencana Tindak Lanjut
1.
Kegiatan Rutin
a. Rapat Pleno Dewan Kerja Penggalang
*Maksud : Evalusasi program kerja
dan pelaksanaan tugas Dewan Penggalang dalam satu semester dan menentukan
kebijakan pengelolaan dan pelaksanaan program/tugas untuk semester berikutnya.
*Waktu : Enam bulan sekali
*Tempat : SMP Negeri 1 Panumbangan
b. Rapat Bidang Dewan Penggalang
*Maksud : Membicarakan pelaksanaan
program kerja, persiapan dan penyusunan konsepsi kegiatan bidang yang
bersangkutan
*Waktu : Sesuai kebutuhan
* Tempat : Disesuaikan
c. Materi Kepramukaan
*Maksud
: Memberikan ilmu serta wawasan mengenai Pramuka, sumber pengetahuan yaitu baik
dari buku-buku Pramuka maupun pengalaman Dewan Kerja Penggalang
*Waktu : Setiap Hari
Jumat
*Tempat : SMP Negeri 1 Panumbangan
d.
Ujian SKU Penggalang Ramu ke Penggalan
Rakit
*Maksud :Memberikan ujian atau uji coba
kepada anggota Penggalang terhadap syarat-syarat yang tercantum di SKU yang
harus dilaksanakan yaitu sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti
Pelantikan Penggalang Ramu ke Penggalang Rakit yang dilaksanakan dalam 2
gelombang.
*Waktu : Bulan Mei
2013 (Gelombang 1)
Bulan Juni 2013 (Gelombang 2)
*Tempat
: SMP Negeri 1 Panumbangan
e.
Ujian SKU Penggalang Rakit ke
Penggalang Terap
*Maksud : Memberikan ujian atau uji
coba kepada anggota Penggalang terhadap syarat-syarat yang tercantum di SKU
yang harus dilaksanakan yaitu sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti
Pelantikan Penggalang Rakit ke Penggalang Terap sebagai prasarat menjadi
pendamping dalam Dewan Penggalang
*Waktu : Bulan Januari
2013
*Tempat : SMP Negeri 1 Panumbangan
2.
Paket Kegiatan
a. Perkemahan Akhir Tahun (PRATA)
*Maksud
:
·
Sebagai perkemahan persahabatan yang
diharapkan mampu mempererat hubungan kekeluargaan antar sesama anggota Pramuka
·
Sebagai kemah perpisahan untuk Dewan
Kerja Penggalang yang telah habis masa jabatanya selama 1 tahun
*Waktu
: Disesuaikan
*Tempat
: Disesuaikan
b. Kegiatan Partisipasi
1. Kegiatan Sosial
*Maksud : Memberikan kepadulian kepada
orang lain dengan mengadakan Bakti Sosial untuk disumbangkan ke kepada orang
yang ekonominya kurang mampu
*Waktu : Disesuaikan
*Tempat : Disesuaikan
*Tempat : SMP Negeri 1
Panumbangan
*Peserta : Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan
Panumbangan Kabupaten Ciamis.
2. Kegiatan Regional
*Maksud : Melaksanakan
garis hubungan bimbingan dan konsultasi
*Waktu
: Disesuaikan
*Tempat
: Disesuaikan
3. Program Rencana Tindak Lanjut
No
|
Kegiatan
|
Bulan
|
Ket
|
|||||
Jan
|
Peb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1
|
Pelantikan
Penggalang Terap
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2
|
Latihan mencapai SKU Penggalang Rakit
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
a.
Pengujian Dasa Dharma
|
√
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
||
b.
Pengujian Tri Satya
|
√
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
||
c.
Latihan Upacara-upacara dalam pramuka
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
d.
Mengenal bentuk barisan
|
-
|
-
|
√
|
-
|
√
|
-
|
||
e.
Mengenal lambang Gerakan Pramuka
|
-
|
-
|
√
|
-
|
√
|
-
|
||
f.
Mengenal Salam Pramuka
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
g.
Mengenal Struktur gugus Depan dan Tanda Pengenal
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
h.
Pakaian Seragam Pramuka dan tanda-tanda Pengenal
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
||
i.
Mengenal lambang Negara RI
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
||
j.
Mengenal Pancasila
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
||
k.
Mengenal Lagu Kebangsaan, Lagu-lagu Wajib dan lagu Daerah
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
l.
Mengenal sejarah bendera Kebangsaan dan Bahasa Nasional
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
m.
Mengenal 8 Arah Mata Angin
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
n.
Mengenal Peraturan baris Berbaris
|
√
|
-
|
√
|
√
|
-
|
-
|
||
o.
Mengenal Ikatan dan Tali Temali
|
-
|
√
|
-
|
√
|
-
|
-
|
||
p.
Menyampaikan Berita Secara Lisan
|
-
|
√
|
-
|
-
|
√
|
-
|
||
q.
Mengenal Sandi (Morse, Semaphore dan Sandi Kotak)
|
-
|
-
|
√
|
√
|
-
|
-
|
||
r.
Syahadat, Rukun Islam, Rukun Iman dan Sejarah Nabi Muhammad SAW.
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
s.
Mengenal makanan Khas Daerah dan mengatur meja makan
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
3
|
Ujian SKU
Penggalang Rakit
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
|
4
|
Pelantikan
Penggalang Rakit
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
4. Evaluasi Kegiatan yang Terlaksana
No
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
|
Terlaksana
|
Tidak Terlaksana
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Pelantikan
Penggalang Terap
|
√
|
|
2
|
Latihan mencapai SKU Penggalang Rakit
|
√
|
|
a.
Pengujian Dasa Dharma
|
√
|
||
b.
Pengujian Tri Satya
|
√
|
||
c.
Latihan Upacara-upacara dalam pramuka
|
√
|
||
d.
Mengenal bentuk barisan
|
√
|
||
e.
Mengenal lambang Gerakan Pramuka
|
√
|
||
f.
Mengenal Salam Pramuka
|
√
|
||
g.
Mengenal Struktur gugus Depan dan Tanda Pengenal
|
√
|
||
h.
Pakaian Seragam Pramuka dan tanda-tanda Pengenal
|
√
|
||
i.
Mengenal Lambang Negara RI
|
√
|
||
j.
Mengenal Pancasila
|
√
|
||
k.
Mengenal Lagu Kebangsaan, Lagu-lagu Wajib dan lagu Daerah
|
√
|
||
l.
Mengenal sejarah bendera Kebangsaan dan Bahasa Nasional
|
√
|
||
m.
Mengenal 8 Arah Mata Angin
|
√
|
||
n.
Mengenal Peraturan baris Berbaris
|
√
|
||
o.
Mengenal Ikatan dan Tali Temali
|
√
|
||
p.
Menyampaikan Berita Secara Lisan
|
√
|
||
q.
Mengenal Sandi (Morse, Semaphore dan Sandi Kotak)
|
√
|
||
r.
Syahadat, Rukun Islam, Rukun Iman dan Sejarah Nabi Muhammad SAW.
|
√
|
||
s.
Mengenal makanan Khas Daerah dan mengatur meja makan
|
√
|
||
3
|
Ujian SKU
Penggalang Rakit
|
√
|
|
4
|
Pelantikan
Penggalang Rakit
|
√
|
BAB III
LAPORAN PEMANTAPAN KML
A. Administrasi
Gugus Depan
Apabila melihat definisi administrasi secara formal dan
legitimas, administrasi diartikan sebagai usaha atau kegiatan yang meliputi
penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan
organisasi. Beberapa
unsur pokok di dalam administrasi yang dimaksud ialah : (1) sekelompok orang,
(2) tujuan, (3) tugas dan fungsi, (4) peralatan dan perlengkapan yang
diperlukan. Akan tetapi di dalam RTL ini, hal yang terkait Administrasi hanya
mengambil unsur keempat, yaitu peralatan dan perlengkapan.
Administrasi
dalam buku ini didefinisikan sebagai perlengkapan ketatausahaan yang mendukung
tertibnya manajemen gugus depan.
Administrasi yang dipersiapkan adalah:
1.
Program Kerja Tahunan
Merupakan
rencana kegiatan yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan selama satu tahun.
Prota ini dijabarkan menjadi 3 tahapan yang masing-masing belaku selama 4 bulan
(caturwulan) Pelaksanaannya dapat dilakukan menurut skala prioritas, mana yang
perlu didahulukan sesuai dengan kondisi tadik dan lingkungannya.
NO
|
Kegiatan
|
Bulan
|
Ket
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
2.
Program Kegiatan Mingguan
Memuat runtutan
kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu latihan rutin.
PROGRAM KEGIATAN MINGGUAN
hari, tanggal :
tempat :
NO
|
Kegiatan
|
Acara Pengganti
|
Keterangan
|
3.
Buku Induk Anggota
Buku induk anggota
sebagai penertiban data, memuat data diri anggota serta
tingkat kecakapan anggota. Format seperti di bawah ini:
NO
|
NTA
|
NAMA
ANGGOTA
|
AGAMA
|
TEMPAT,
TGL LAHIR
|
ALAMAT
|
NAMA
ORANG TUA
|
PEKERJAAN
|
Dilantik
Tanggal
|
Mendapat
TKK tanggal
|
||||||
Ramu
|
Rakit
|
Terap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
4. Buku presensi (kehadiran)
Buku ini dipakai
ketika latihan rutin, untuk mengecek kehadiran anggota di tiap regu.
Buku Kehadiran
Regu :
Hari,
tanggal :
NO
|
Nama
|
Jabatan dalam regu
|
Hadir
|
S
|
I
|
A
|
Paraf
|
5.
Buku Iuran dan buku tabungan
Buku ini dapat disatukan dengan buku
presensi.
Buku Kehadiran
Regu :
Hari,
tanggal :
NO
|
Nama
|
Jabatan
|
Hadir
|
S
|
I
|
A
|
Iuran
|
Tabung-an
|
Paraf
|
6. Buku Agenda Latihan
Buku Agenda memuat
kegiatan yang dilaksanakan ketika latihan.
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Tempat
|
Peserta
|
Biaya
|
Ket
|
7.
Buku Catatan Rapat (Notula)
Untuk mencatat hal-hal penting ketika pertemuan, rapat, atau pengarahan
dari pembina.
hari/ tanggal :
waktu :
tempat :
acara :
NO
|
Permasalahan
|
Pemecahan
|
Keterangan
|
8. Buku Inventaris
Untuk mencatat
perbendaharaan benda dan peralatan Gudep.
NO
|
Barang
|
Klasifikasi
|
Jumlah
|
Keadaan (B/RR/RB)
|
Sumber
|
Ket
|
9. Buku Log
Buku ini mencatat
peristiwa atau kegiatan penting yang terjadi di gugus depan.
NO
|
Tanggal
|
Catatan
|
Keterangan
|
10. Buku Catatan Pribadi
Merupakan catatan
rahasia tentang tadik yang dipegang oleh pembina.
NO
|
nama tadik yang teramati
|
Catatan
|
Keterangan
|
11. Buku Upacara Pelantikan
Untuk mencatat
kegiatan pelantikan.
NO
|
Hari, tanggal, waktu
|
tempat
|
nama terlantik
|
pelantikan tingkat
|
pembina pelantik
|
Ket
|
12. Buku Tamu
Buku ini
mencatat tamu yang berkunjung ke Gugus Depan, berisikan maksud dan tujuan serta
saran-saran dari tamu.
NO
|
Hari, tanggal, waktu
|
nama/ alamat
|
jabatan
|
maksud
|
kesan dan pesan
|
Ttd
|
13. Buku ekspedisi
Buku untuk
mencatat keluar masuk surat
NO
|
No. Surat
|
Tanggal Surat
|
Perihal
|
Tujuan
|
paraf
|
ket
|
Dengan penertiban
administrasi, diharapkan akan menunjang kelancaran dan keberhasilan kegiatan
sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
B. Kegiatan Kepramukaan
Kegiatan dalam
kepramukaan diselenggarakan dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan,
sehat, teratur, terarah dan mengandung pendidikan. Dilaksanakan
di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang
pada akhirnya akan membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti yang luhur.
Kegiatan-kegiatan tersebut adalah kegiatan yang merangsang peserta didik
untuk lebih tahu, meningkatkan ketangkasan, dan membentuk akhlak dan moral yang
baik sesuai dengan kode kehormatan gerakan pramuka.
1.
Upacara
Upacara adalah
serangkaian perbuatan yang ditata dalam suatu ketentuan peraturan yang wajib
dilaksanakan dengan khidmat, sehingga merupakan kegiatan yang teratur dan
tertib, untuk membentuk suatu tradisi dan budi pekerti yang baik. Macam-macam
upacara yang dilaksanakan yaitu :
·
Upacara
pembukaan dan penutupan latihan
·
Upacara
pelantikan
·
Upacara
kenaikan tingkat
·
Upacara
pemberian TKK
·
Upacara
pindah golongan
Unsur-unsur yang
menjadi prinsip dalam pelaksanaan upacara adalah
(1).
Bentuk
barisan, sesuai dengan perkembangan peserta didik. Dalam
hal ini Pramuka Penggalang menggunakan
bentuk barisan angkare atau berbentuk
seperti ladam.
Bentuk barisan setengah terbuka seperti
ini mempunyai makna, bahwa dalam pelaksanaan pembinaan anggota Pramuka
penggalang tidak sepenuhnya dilepas, tetapi masih dalam pengawasan pembina.
(2) Pengibaran
Bendera
(3)
Pembacaan Pancasila
(4)
Pembacaan Kode Kehormatan
(5)
Adanya Doa
(6) Dilaksanakan dengan khidmat dan
sungguh-sungguh
Jalannya upacara (dalam buku ini penulis hanya menjelaskan
upacara pembukaan latihan saja) pembukaan latihan sebagai berikut :
·
Pratama
memeriksa kerapian peserta upacara, dalam bentuk barisan bershaf.
·
regu
petugas upacara mempersiapkan perlengkapan upacara
·
Pratama memberikan
aba-aba berkumpul untuk membentuk barisan angkare
di hadapan tiang bendera.
·
Pratama
mengecek kesiapan para petugas upacara, lalu menjemput pembina.
·
Pembina
mengambil tempat di hadapan pasukan, para pembantu pembina berada di belakang
pembina dalam bentuk bershaf.
·
Setelah
memimpin penghormatan, Pratama menyerahkan pasukan kepada pembina upacara,
kemudian kembali ke tempatnya semula.
·
Pengibaran
bendera merah puith oleh petugas, seluruh peserta upacara melakukan
penghormatan.
·
Pembina
membacakan Pancasila ditirukan oleh anggota pasukan
·
Pembacaan
dasa dharma oleh salah satu anggota
pasukan.
·
Kata
pengantar pembina tentang tema latihan dan sebagainya.
·
Pembina
memimpin doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
·
Pasukan
diserahkan kepada Pratama untuk dilanjutkan
ke acara selanjutnya.
·
Pratama
memimpin penghormatan kepada pembina.
·
Pembina
mengucapkan terima kasih kepada para pembantunya
·
Pratama
membubarkan pasukan, dan siap mengikuti kegiatan latihan.
2.
Materi Teknik Kepramukaan
Teknik Kepramukaan,
yang selanjutnya disebut tekpram,
menjadi ciri khas gerakan pramuka. Hal ini tidak dapat kita temui pada
organisasi-organisasi yang lainnya. Materi tekpram yang akan diberikan kepada
peserta didik diantaranya :
1.
|
Baris-berbaris
|
:
|
merupakan
bentuk latihan gerak dasar yang diwujudkan dalam rangka menanamkan sikap
disiplin, tanggung jawab, kekompak-an, kebersamaan
|
2.
|
Semaphore
|
:
|
cara
mengirim berita dengan menggunakan isyarat sepasang bendera. menanamkan
kebersamaan, ketangkasan, dan melatih daya ingat
|
3.
|
Morse
|
:
|
sebuah sistem pengkodean huruf yang ditemukan Samuel
Finley Morse. terdiri dari kombinasi titik (dots) dan strip (dashes)
|
4.
|
Tali temali
|
:
|
gerakan Pramuka sedunia menyebutnya Knotting, kita menyebutnya simpul,
yang berarti seni menggunakan tali atau bahan elastis lainnya. Dipergunakan
oleh para pelaut dan para perambah (pioneer) untuk mempermudah pekerjaannya.
|
5.
|
Sandi Pramuka
|
:
|
berasal dari bahasa Sanksekerta
yang berarti rahasia. Merupakan tulisan rahasia yang hanya dimengerti oleh
anggota Pramuka saja.
|
6.
|
Kompas
|
:
|
alat untuk menentukan arah mata angin, digunakan oleh
pelaut, penerbang, pem-buru untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat yang
lainnya
|
7.
|
Mapping
|
:
|
disebut juga cartography
yaitu cara pem-buatan peta. melatih kejelian, cinta lingkungan, dan
kebersamaan
|
8.
|
PPPK dan Kesehatan
|
:
|
Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, menanamkan sikap
rela berkorban, cinta sesama, dan peduli kesehatan lingkungan
|
3.
Penjelajahan
Penjelajahan/
lintas alam, bagi peserta didik merupakan kegiatan di alam terbuka yang
menarik, menantang yang dapat mengembangkan kecintaan kepada alam dan menambah
wawasan tentang lingkungan. Bagi Pembina Pramuka, penjelajahan dapat
difungsikan sebagai media pendidikan untuk mengembangkan kepribadian serta
watak peserta didik.
Kegiatan
penjelajahan dapat diramu dengan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dan
terintegrasi dengan kegiatan pokok. Antara lain:
·
Membaca
peta medan (topografi)
·
Menggunakan
kompas
·
tanda
jejak
·
memecahkan
sandi dan isyarat
·
menduga
·
Praktek
membalut (P3K)
·
halang
rintang
·
dll
Kegiatan
penjelajahan yang disusun dan direncanakan dengan baik akan menanamkan dan
mengembangkan sikap: Kepemimpinan, demokratis, kekompakan, kemandirian, self confidence, ketangkasan,
administrasi, pengetahuan dan pengalaman. Oleh karena itu kegiatan in
dilaksanakan secara berkala dalam gugus depan atau pun bersama dengan gugus
depan lain.
4.
Kegiatan Bakti Masyarakat
Salah satu janji
pramuka dalam Trisatya berbunyi ”menolong
sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat” sehingga kegiatan
bakti masyarakat merupakan kegiatan kepramukaan yang menjadi media penanaman
dan pengamalan kode kehormatan. Istilah Bakti Masyarakat itu sendiri mengandung
arti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kepentingan masyarakat.
Kegiatan ini
disusun bersama antara pembina dan peserta didik, dengan langkah-langkah
sebagai berikut:
·
Mengadakan
observasi lokasi yang akan dijadikan objek bakti masyarakat. Hal in berguna untuk menemukan kondisi,
kebutuhan, potensi, budaya masyarakat serta unsur penunjang bahkan kendala di
lapangan.
·
Menyusun
panitia pelaksana kegiatan.
·
Pendekatan
dengan Kepala Desa atau tokoh masyarakat setempat.
·
Menggali sumber dana
yang mungkin dapat mendukung program bakti masyarakat.
Kegiatan bakti
masyarakat dilaksanakan secara serentak oleh seluruh anggota, tidak dalam acara
perkemahan, tetapi dalam kegiatan latihan rutin. kegiatan yang dilaksanakan
diantaranya : kebersihan lingkungan, kebersihan tempat ibadah, kebersihan
sekolah, penghijauan dsb.
C.
Pelantikan
Upacara pelantikan merupakan serangkaian upacara dalam rangka pemberian
pengakuan dan pengesahan terhadap seorang pramuka atas prestasi yang telah
dicapainya.
Setelah peserta didik mengalami pelantikan, maka ia sejak saat itu menjadi
seorang penggalang, anggota gerakan pramuka sedunia. Makna yang terkandung bagi
peserta didik adalah memiliki tanggungjawab, hak dan kewajiban sebagai anggota
pramuka. Selain itu akan meningkatkan kepercayaan dirinya karena ia telah
diakui mempunyai kemampuan dan berhasil dalam usahanya.
Setelah kegiatan penataan administrasi gudep dan pelaksanaan kegiatan
kepramukaan -yang telah dikemukakan di atas- diharapkan dalam rentang waktu tiga
bulan semenjak Kursus Pembina Mahir Lanjutan akan menghasilkan 10 anggota
pramuka tingkat Ramu atau satu regu pramuka.
D.
Perkemahan
Berkemah merupakan kegiatan di alam terbuka yang penuh dengan muatan
pendidikan, yang akan mengembangkan proses pendidikan mental, moral, fisik,
intelektual, emosi dan sosial.
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada akhir Rencana Tindak Lanjut ini. Yaitu
pada bulan Agustus 2013, bertepatan dengan peringatan HUT Gerakan Pramuka
ke-52. Perkemahan bertujuan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan kode
kehormatan dalam kehidupan peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan
jiwa mereka.
BAB IV
PENUTUP
Sebagai wadah Pendidikan non-formal
yang dimasukan ke dalam lembaga Pendidikan formal, Gerakan Pramuka dimaksudkan
supaya dapat membentuk suatu generasi yang memiliki iman yang kuat, pengetahuan
luas, berjiwa patriot dan rela mengabdikan diri pada Agama dan Bangsa.
Rencana Tindak Lanjut ini disusun
setelah penulis mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML). RTL merupakan
persyaratan kursus untuk memperoleh pengesahan sebagai pembina pramuka mahir
Dasar. Produk ini berupa perencanaan pribadi dalam pembinaan terhadap peserta
didik maupun pengabdian bagii masyarakat, terutama bagi kemajuan Gerakan
Pramuka.
Sekecil apapun manfaat yang dapat
dipetik dari tulisan ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan
bagi peningkatan mutu generasi muda bangsa. Semoga Allah SWT senantiasa
melindungi setiap gerak dan langkah kita. Amin.
DOKUMENTASI KEGIATAN
Penulis bernama Agus Hikmat, S.Pd dilahirkan di Ciamis tanggal 17 Agustus
1972. Bekerja sebagai tenaga pengajar pada SMPN 1 Panumbangan Kecamatan
Panumbangan sejak tahun 2006 s.d. sekarang.
Penulis merupakan lulusan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar tahun 1991
yang diselenggarakan di SPG Negeri Tasikmalaya. mengikuti jenjang selanjutnya
yaitu Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan yang diselenggarakan oleh Lemdicab
bertempat di Desa Cieurih Kec. Cipaku Kabupaten Ciamis tahun 2013.
Aktivitas penulis pada Gerakan
Pramuka adalah sebagai Pembina Pramuka Gudep 04083-04084, Selain itu penulis
juga aktif membina peserta didik di Gugus Depan 04083-04084 Pangkalan SMPN 1
Panumbangan dan aktif sebagai pengurus Kwaran Panumbangan sebagai sekretaris
masa bhakti tahun 2010 - 2013.
Mau tanya kak, kalau RTL KMD apakah formatnya sama?
BalasHapusSalam Pramuka.Terimakasih bermanfaat.
BalasHapusminta file nya kak....
BalasHapusMantab RTLnya kak bisa buat referensi
BalasHapusKereeen..boleh share file nya kak?
BalasHapus